Smart, Smart, Smart

Kebanyakan siswa lebih menyukai rumus/cara smart, bukan cara yang seharusnya ditempuh. Saya relative kurang menyukai penggunaan rumus smart karena cara ini menurut saya kurang pas. Sejak dulu saya tidak merasa cocok dengan adanya rumus smart. Tetapi sebagai seorang guru dan tentor, tentu saya tidak terang-terangan menyatakan bahwa saya tidak menyukai rumus smart. Mengapa saya tidak menyukai memakai rumus smart? Baiklah, akan saya jabarkan alasannya. Pertama, di dalam mempelajari matematika, kita memerlukan pemahaman yang utuh, konsep yang mendalam dan jeals. Jika siswa hanya diberi rumus smart, tentu mereka tidak akan pernah tahu konsepnya. Sehingga percuma mereka belajar matematika tetapi tidak tahu bagaimana konsepnya. Kedua, rumus smart hanya untuk beberapa soal yang setipe, jika beda soal, akan beda lagi rumusnya. Tentu ini justeru malah menyulitkan kita, kita menjadi semakin banyak menghafal rumus, dan bukan memahami rumus. Bukankah matematika itu bukan ilmu hafalan? Ketiga, bagi saya ini justeru tidak membuat saya faham matematika, tetapi matematika malah menjadi ilmu yang membingungkan. Memang ketika kita menghadapi ujian sekolah atau ujian masuk suatu perguruan tinggi dibutuhkan kecepatan untuk menyelesaikan soal-soal yang ada, namun bukan berarti rumus smart menjadi satu-satunya jalan untuk menyelesaikannya. Bukankah semakin sering kita latihan sola-soal, maka akan semakin cepat dan terampil dalam menyelesaikan soal-soal? Cara ini justeru membuat kita mampu menyelesaikan banyak soal matematika dengan beragam tipe, karena tentunya kita mendalami konsep matematika.

Leave a Reply

