Telepon Tangan (baca: HP) di Sekolah

Peraturan dibuat untuk ditaati. Demikian bunyi petuah ‘ideal’ yang sering digaungkan di semua lembaga di seluruh pelosok tanah air yang di dalamnya menghendaki adanya keteraturan. Namun realitanya, nampaknya adanya peraturan bukan untuk ditaati, tetapi untuk dilanggar. Sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan oleh sebuah lembaga seperti  sekolah demi menjaga ketertiban siswa.

Ada suatu sekolah yang menerapkan peraturan bahwa siswa dilarang membawa HP ke sekolah, dan jika membawa HP maka diwajibkan untuk menitipkannya di sekolah. Siswa yang dalam kesehariannya tidak bisa terlepas dari HP tentu akan merasa keberatan. Bahkan mereka, dengan ‘kecerdasannya’ akan berusaha untuk bermain ‘belakang’.

Ada-ada saja ulah yang dilakukan oleh siswa. Mereka tetap saja membawa HP ke sekolah, namun mereka berusaha untuk menyembunyikan HP tersebut agar tidak diketahui oleh pihak sekolah. Ada yang HP nya dititipkan di kantin sekolah, ada yang dititipkan di kos yang dekat dengan sekolah, ada yang disimpan di dalam tas dan ada yang disimpan di sepeda. Mungkin pihak guru sering merasa kewalahan dan hampir kehabisan akal untuk membuat mereka jera. Hmm, hukuman jenis apalagi yang akan diberikan seandainya mereka melanggarnya lagi.

Kalau kita cermati lebih jauh, dampak yang bisa ditimbulkan jika seorang siswa membawa HP ke sekolah cukup serius, diantaranya: siswa menjadi tidak konsentrasi belajar. Jika guru sedang menerangkan, mungkin siswa akan sibuk ber-HP ria. Bukan untuk sekedar sms-an, tetapi fiture HP yang semakin canggih, seperti fiture internet yang bisa digunakan untuk facebook, twitter, chatting dan sebagainya, membuat siswa semakin terlena memainkannya. Hmm, untuk menghindarkan siswa dari dampak negative HP, kira-kira langkah apa ya yang perlu kita lakukan sebagai seorang pendidik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: