Membersihkan Virus di Komputer Tanpa Memakai Anti Virus

Saya ingin berbagi mengenai cara untuk membersihkan virus yang mungkin sering menjengkelkan kita. Saya berbagi tips bukan karena saya ahli, tapi semata-mata saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya. Dua kali Haidar (nama Laptop saya) terinfeksi virus. Kali pertama sampai semua program aplikasi tidak bisa dibuka, padahal file-file penting yang sangat dibutuhkan pada saat itu tersimpan di sana. Task Manager tidak bisa dibuka, bahkan system restore pun tidak bisa dibuka. Jika kondisi demikian, maka harus diinstal ulang, kata teman saya. Kebetulan teman yang ahli sedang tidak bisa membantu, akhirnya saya bawa Haidar ke ‘bengkel’ komputer dan ‘terpaksa’ harus merogoh kocek yang lumayan banyak menurut saya.

Kali kedua, lagi-lagi Haidar terinfeksi virus, maklum, tiap hari Haidar tersambung internet. Haidar tidak bisa di shut down selama beberapa hari. Kata teman, itu terinfeksi virus. Ada teman yang menyarankan untuk diinstal ulang, karena antivirusnya juga terinfeksi. ada lagi yang menyarankan untuk diinstal pake SMADAV atau PC MEDIA. Tapi ya harus membeli majalah terlebih dahulu. Karena saya tidak ingin gegabah dengan menginstall ulang dan tidak sempat beli majalah juga, saya teringat system restore. Melalui teman, saya mendapatkan info mengenai system restore.

Kenapa menggunakan System Restore?

Kita pasti pernah dan sering melakukan instalasi berbagai macam software aplikasi. Setelah kita melakukan instalasi software, maka akan terjadi perubahan pada registry atau ada file yang terhapus, dan terkadang bahkan dapat terjadi settingan yang berubah baik diketahui ataupun tak diketahui oleh kita, termasuk penyebaran virus. Hal ini dapat menyebabkan sistem menjadi crash atau menjadi tak stabil. Jika hal ini terjadi, kita dapat membatalkan semua perubahan yang telah dilakukan dan mengembalikan sistem kepada keadaan semula dengan menggunakan system restore utility.

Apa yang dilakukan oleh System Restore?

Jawabannya adalah mirip dengan undo. System restore mengembalikan komputer kita kepada kondisi sebelumnya sebelum terjadi permasalahan. Dia melakukannya dengan senantiasa mengambil snapshot dari sistem kita secara periodik. Snapshot ini disebut restore points.

Restore points dibuat ketika kita melakukan perubahan yang signifikan, seperti menambahkan aplikasi baru atau menginstal driver. Namun kita juga bisa secara manual membuat restore points. Intinya adalah restore points dapat membantu kita mengembalikan keseluruhan sistem kepada kondisi semula. Yang semula bersih dari virus, maka ketika komputer kita terkena virus, akan dikembalikan ke kondisi semula, yakni bersih dari virus.

Nah, cara membuka system restore:

1.klik menu ‘start’

2.klik ‘all ‘programs’

3.klik ‘accessories’

4.klik ‘system tool’

5.klik ‘system restore’

6.pilih  ‘restore my computer’

7.klik ‘ next’

Lalu akan muncul tanggal/kalender,nah, pilih kira-kira tanggal berapa komputer kita terkena virus, lalu next dan finish.

Yah, kurang lebihnya seperti itu. Mudah-mudahan bermanfaat.

Nah, teman-teman, kalo komputer kita terkena virus, jangan panik dulu ya, kita langsung buka aja system restore. Tapi kalo system restore  udah ga bisa kebuka, ya harus diinstall ulang berarti.

One Comment to “Membersihkan Virus di Komputer Tanpa Memakai Anti Virus”

  1. If you have a problem with your PC just visit this SITE
    ,It’s a Tutorial how to clean up your PC and a new software development to:
    Prevents Computer Crashes and Speeds Up Slow PC
    And is all FREE !!It will fix your problem and saving Time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: