Cara Menampilkan Widget Flash Islami di WordPress Gratisan

Saya sering mengunjungi banyak blog, termasuk wordpress yang gratisan, dan saya mendapatkan widget flash yang unik dan Islami terpampang di sana, seperti kalender islami, jam Islami bahkan Asmaul Husna dengan kombinasi berbagai warna yang menarik.  Saya fikir, widget tersebut hanya bisa dipasang di blog yang tidak gratisan. Tapi ternyata, di blog gratis pun, seperti milik saya ini, kita bisa memasangnya. Yup, sangat menarik memang jika kita pasang di blog kita yang tercinta. At least, blog kita menjadi eye catching dan good looking. ^_^ Karena saking penasarannya, saya mencoba mencari tahu bagaimana cara mendapatkan dan memasang widget flash tersebut di blog wordpress ini. Akhirnya, saya dapatkan berbagai aneka widget di http://www.al-habib.info dan alhamdulillah saya menemukan cara memasangnya. Pembaca mungkin juga tertarik dengan widget Islami milik saya yang sudah saya pasang di blog ini. Tak perlu khawatir, saya akan berikan caranya, mudah-mudahan bermanfaat. Nah, berikut caranya:

Pilih widget yang kita inginkan di situs yang saya maksud di atas.

Pada setiap halaman widget islami ada tombol BLOG ME!. Pencet tombol ini untuk mendapatkan   kode embed atau pilihan untuk membuat pos otomatis ke blog anda.

Klik pada tombol WordPress yang berada di atas di antara tombol-tombol situs jaringan sosial lainnya.

Kotak dialog lain akan muncul yang meminta anda memasukkan kode akses ke blog anda. Nama dan kata kunci anda tidak akan disimpan. Keduanya hanya dipakai untuk membuat sebuah pos secara otomatis di blog anda. Jangan lupa menuliskan alamat blog WordPress anda dengan benar. Pencet tombol POST.

Tunggu beberapa saat hingga muncul konfirmasi bahwa pos telah berhasil dibuat.

Sekarang, tutup kotak dialog tersebut dan layari halaman blog anda kemudian log-in di sana.

Lihat bagian Posts di Dashboard anda. Pada daftar Pos yang anda miliki akan ada satu pos baru berjudul widget islami yang anda pilih. Edit pos ini untuk melihat kode yang telah terkirim.

Anda akan melihat kode semacam gambar di samping pada pos anda dalam mode VISUAL. Pilih semua kode yang tertampil (di antara dua kurung siku). Mungkin anda harus mengklik dua kali (double-click) untuk bisa meletakkan kursor pada kode. Tekan Ctrl-A atau klik-kanan: Select all. Kemudian salin (copy) melalui klik-kanan atau menekan tombol Ctrl+C.

Kini, pergi ke kotak pengatur Tampilan (Appearance) dan klik Widgets.

Dari daftar Widget yang tersedia, pilih Text dan klik Add (Tambahkan). Sebuah Widget Text akan ditambahkan ke Sidebar anda pada sisi kanan. Ubah isi Text Widget ini dengan menekan tombol Edit.

Setelah kotak Text terbuka, sisipkan kode yang telah anda salin sebelumnya. Anda bisa memakai klik-kanan Paste atau Ctrl-V. Kode akan tertulis seperti di kotak itu. Anda juga bisa menambahkan judul untuk widget anda pada kolom paling atas. Klik DONE (Selesai) dan jangan lupa langkah terakhir di bawah.

Klik tombol Save Changes (Simpan Perubahan). Kini lihat hasilnya dengan mengunjungi situs blog anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: